Sukses

Health

7 Cara Mengatasi Sakit Punggung secara Alami yang Mudah Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Sakit punggung merupakan salah satu gangguan kesehatan umum yang sering terjadi pada siapa saja. Biasanya, orang yang mengalami gangguan kesehatan ini akan merasakan nyeri pada bagian punggung selama beberapa waktu. Tidak jarang rasa nyeri punggung ini semakin parah jika tidak segera diatasi dengan baik. Sebagian orang bahkan kesulitan melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari akibat kondisi ini.

Gangguan sakit punggung ini bisa terjadi di beberapa bagian punggung. Mulai dari punggung bagian atas, tengah, hingga punggung bawah atau sering disebut juga dengan pinggang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti posisi duduk tidak nyaman dalam waktu lama, posisi tidur yang salah, akibat gerakan berulang yang menyebabkan cedera bagian punggung.

Jika kamu sering mengalami gangguan ini, perlu segera melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Hal ini dilakukan agar tidak membuat kondisi semakin parah dan mempercepat penyembuhan. Terdapat beberapa cara mengatasi sakit punggung secara alami yang bisa dilakukan. Seperti melakukan gerakan peregangan untuk mengendurkan otot-otot yang menegang di bagian punggung.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 7 cara mengatasi sakit punggung secara alami yang mudah dilakukan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Latihan Gerakan Otot

Cara mengatasi sakit punggung yang pertama adalah dengan melakukan latihan untuk menggerakkan otot. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan latihan jalan kaki ringan, yoga, olahraga air, atau latihan low impact atau berdampak rendah untuk meregangkan tubuh. Beberapa latihan ini dinilai dapat membantu mengurangi rasa nyeri punggung yang sedang dialami.

Dengan melakukan latihan olahraga secara rutin, sangat berguna untuk mengendurkan otot yang tegang serta melepaskan endorfin pada otak. Ini merupakan cara alami penghilang rasa sakit yang berasal dari otak. Olahraga secara teratur pun dapat menekan risiko kondisi nyeri punggung yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Menggunakan Terapi Panas dan Dingin

Cara mengatasi sakit punggung berikutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan terapi panas dan dingin. Berdasarkan hasil penelitian, menyebutkan bahwa terapi panas dan dingin ini merupakan cara efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung.

Cara ini dilakukan dengan mengompres bagian punggung yang cedera dengan kantong es atau es yang dibungkus dengan handuk. Sensasi dingin ini akan memberikan efek mati rasa pada nyeri punggung. Cara ini dapat dilakukan selama 20 menit terutama ketika mendapatkan sakit punggung dengan nyeri yang intens.

Selain menggunakan es, Anda juga bisa memanfaatkan kompres air panas untuk meredakan otot yang kaku dan pegal. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan bantalan khusus untuk mengompres atau bisa juga dengan menggunakan botol air panas. Namun sebaiknya, perhatikan suhu air yang digunakan agar tidak terlalu panas. Dengan panas yang cukup dan tidak berlebihan dapat membantu meringankan rasa nyeri yang sedang diderita.

Melakukan Peregangan

Cara mengatasi sakit punggung selanjutnya yaitu dengan melakukan gerakan peregangan atau stretching. Gerakan peregangan ini idealnya dapat dilakukan selama 30 detik dengan menahan gerakan tersebut. Cara ini dinilai dapat meredakan rasa nyeri pada punggung meskipun harus menahan posisi yang tidak nyaman saat menahan gerakan peregangan tersebut.

Terdapat beberapa gerakan peregangan yang dapat memberikan manfaat ini. Berikut adalah beberapa gerakan peregangan yoga yang bisa kamu lakukan :

  • Cobra Pose : yaitu dengan berbaring tengkurap posisi kedua tangan menghadap ke bawah di samping bahu, lalu perlahan angkat dada ke atas sehingga bagian atas kepada mengarah ke langit-langit.
  • Cat-Cow Pose : dimulai dengan kedua telapak tangan dan lutut menyentuh lantai seperti posisi kucing atau sapi pada umumnya. Kemudian perlahan secara bergantian melengkungkan punggung ke atas dan kembali menlengkungkan punggung ke arah bawah dengan membentuk cekungan.
  • Child Pose : dilakukan dengan duduk di atas tumit, posisi lutut terbuka selebar pinggul, kemudian condongkan tubuh ke depan dengan menempelkan kepala ke lantai. Rentangkan tangan ke depan sejajar di kedua sisi kepala.

Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Cara mengatasi sakit punggung yang lain bisa dilakukan dengan menggunakan sepatu nyaman. Perlu diketahui, sepatu yang kamu pakai dapat menyebabkan ketegangan otot di bagian punggung, kaki, bahkan leher.

Seperti sepatu hak tinggi yang dapat merusak postur tubuh serta menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan orang yang memakai sepatu hak tinggi dalam waktu lama mengalami sakit punggung yang cukup menyiksa.

Selain itu, menggunakan sepatu dengan alas yang sangat datar juga dapat menambah ketegangan pada kaki dan punggung. Dengan begitu, usahakan untuk mengenakan sepatu atau alas kaki dengan ukuran pas dan nyaman. Hal ini akan membantu mengurangi risiko sakit punggung yang bisa didapatkan.

Mengatur Meja Kerja dengan Nyaman

Mengatur meja kerja dengan nyaman juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit punggung yang dapat kamu lakukan. Perlu diketahui postur tubuh yang kurang baik karena membungkuk ke arah meja dapat menyebabkan nyeri punggung dan nyeri otot lainnya.

Dengan begitu, pastikan layar komputer yang ada di meja sejajar dengan mata. Selain itu, gunakan kursi dengan tinggi yang pas dan nyaman. Dengan cara ini, bisa memudahkan kamu untuk bekerja dengan postur tubuh yang benar dan nyaman sehingga terhindar dari risiko sakit punggung.

Tidur yang Cukup

Cara mengatasi sakit punggung secara alami berikutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan tidur dengan cukup. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa gangguan tidur bisa memperburuk rasa sakit yang dirasakan pada tubuh, termasuk sakit punggung. Selain itu, kasur yang tidak nyaman, bantal dengan ukuran yang salah, serta kesulitan tidur dapat memberikan risiko sakit punggung lebih besar pada seseorang.

Dengan begitu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur dengan cukup yaitu sekitar 7 – 9 jam per hati. Di samping itu, pastikan pula tempat tidur yang digunakan nyaman sehingga dapat membantu kamu memperoleh kualitas tidur yang baik. Gunakan bantal dengan ketinggian yang cukup untuk membuat punggung dan leher tetap lurus. Jika ingin tidur dengan posisi miring, sebaiknya letakkan bantal tambahan di antara lutut.

Mengelola Kondisi Stres

Cara mengatasi sakit punggung yang terakhir adalah dengan mengelola kondisi stres. Perlu diketahui, bahwa stres juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan ketegangan otot yang cukup parah, termasuk bagian punggung.

Dalam hal ini, kamu bisa mengelola stres dengan beberapa cara. Seperti mempraktikkan latihan pernapasan, meditasi, melakukan gerakan relaksasi otot, membayangkan hal-hal yang menenangkan dan memberikan rasa nyaman, serta melakukan yoga dengan rutin.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Self Improvement Yang Wajib Kamu Baca
Artikel Selanjutnya
30 Kutipan Terbaik Novel And Then There Were None Karya Agathe Christie