Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Keputihan Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Dalam masa kehamilan, sangat wajar jika ibu hamil mengalami keputihan. Keputihan yang dialami oleh ibu hamil ini, disebabkan karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan peningkatan aliran darah ke organ kewanitaan.

Keputihan normal ini membantu membersihkan organ kewanitaan dari bakteri atau sel-sel mati yang menempel di dinding organ kewanitaan. Cairan leukorrhea atau keputihan yang normal memiliki tekstur yang tipis, warnanya bening atau putih susu, dan aromanya tidak menyengat.

Namun, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan. Karena beberapa makanan bisa menjadi penyebab keputihan tidak normal saat hamil. Berikut makanan penyebab keputihan saat hamil, yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Keputihan

1. Makanan Dingin

Makanan penyebab keputihan saat hamil yang pertama, yaitu makanan dingin seperti es krim. Makanan dingin bisa memperburuk kondisi kehamilan, menyebabkan keputihan menjadi tidak normal, menyebabkan disfungsi limpa dan memicu gagal ginjal.

2. Makanan Pedas

Kalau kamu menyukai makanan pedas, lebih baik jangan mengonsumsi makanan pedas saat hamil. Selain menyebabkan keputihan tidak normal, makanan pedas juga bisa menyebabkan perut menjadi mulas, perut kembung dan memperparah morning sickness.

3. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang bisa menyebabkan keputihan. Makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh, yang bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan, bisa meningkatkan asam lambung pada ibu hamil, sehingga perut terasa kembung dan mual.

Makanan Penyebab Keputihan

4. Makanan Manis

Sebaiknya makanan manis juga harus dihindari pada saat hamil. Makanan manis memiliki kandungan gula tambahan, yang meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Jika kandungan insulin meningkat, maka jamur dan bakteri bisa berkembangbiak di organ kewanitaan, karena kondisi area kewanitaan sangat lembap.

5. Makanan yang Berbahan Dasar Tepung

Makanan penyebab keputihan yang selanjutnya adalah makanan yang berbahan dasar tepung, seperti nugget, roti, ayam krispi, pasta dan lain sebagainya. Makanan berbahan dasar tepung ini memiliki kandungan lemak jenuh dan gula tambahan, sehingga makanan ini juga bisa meningkatkan kadar insulin dan kolesterol di dalam tubuh.

 

Makanan Penyebab Keputihan

6. Produk Olahan Susu

Sebenarnya ibu hamil perlu mengonsumsi susu, sebagai sumber kalsium untuk ibu hamil dan membantu tumbuh kembang bayi. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu, bisa menyebabkan keputihan saat hamil. Sebaiknya kurangi mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, puding susu, dan semacamnya.

7. Buah Nanas

Makanan penyebab keputihan saat hamil yang terakhir adalah buah nanas. Buah nanas bisa meningkatkan produksi lendir keputihan, sehingga keputihan menjadi tidak normal saat hamil. Buah nanas juga bisa menyebabkan kontraksi, yang berisiko pendarahan hingga keguguran.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Kucing Melahirkan yang Melambangkan Keberuntungan
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Renovasi Rumah yang Menandakan Datangnya Sumber Kekayaan