Sukses

Health

Mengenal Bakteri Penyebab Bau Badan Beserta Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Bau badan bisa menyebabkanmu menjadi tidak percaya diri sekaligus membuat orang lain tidak nyaman. Beberapa orang dengan keringat berlebih seringkali mengeluhkan masalah bau badan. 

Memang sekarang sudah ada banyak perawatan dan produk kecantikan untuk menghalau bau badan. Namun, nampaknya kamu perlu tahu bakteri yang menyebabkan bau badan. 

Dengan mengetahui bakteri penyebab bau badan, kamu jaid tahu cara yang tepat untuk mencegah bau badan. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas bakteri penyebab bau badan beserta cara mencegahnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Seputar Bakteri Penyebab Bau Badan

Staphylococcus hominis merupakan bakteri yang menyebabkan keringat menjadi berbau tak sedap. Menurut riset, bakteri Staphylococcus hominis menghasilkan enzim bau badan yang menyengat.

Bau yang menyengat muncul akibat bakteri bercampur dengan keringat, terjadi pemecahan molekul kimia keringat yang menghasilkan senyawa berbau tajam (thioalcohol). Aroma berbau menyengat inilah yang muncul saat kita berkeringat, apalagi saat kita kurang perhatian dengan kebersihan badan.

Ketahui Cara Bakteri Penyebab Bau Badan Hidup di Tubuh Manusia

Tubuh manusia merupakan tempat tinggal alami berbagai bakteri, kuman, virus, maupun organisme mikroskopik. Termasuk sel-sel dan molekul yang membentuk lingkungan habitat yang disebut dengan mikrobioma kulit.

Kesehatan mikrobioma setiap individu berbeda, sesuai dengan genetik, pola makan, hingga kesehatan secara umum. Bahkan kadar rambut yang tumbuh dari folikel, minyak, keringat, produksi sel-sel kulit mati juga berperan dalam menciptakan lingkungan mikrobioma kulit kita.

Keringat dan minyak yang dihasilkan kulit membentuk lapisan asam yang melindungi kita dari paparan sinar ultraviolet, angin, hingga penyakit. Lapisan ini juga membatasi jumlah dan jenis bakteri yang mampu hidup di kulit kita. Itulah mengapa bau badan setiap orang berbeda satu sama lainnya. 

Cara Mengatasi Bakteri Penyebab Bau Badan

Secara praktis, munculnya bau badan akibat bakteri bisa dicegah dengan beragam cara, diantaranya menggunakan sabun antiseptik atau krim antiseptik dari dokter untuk membunuh bakteri. Namun, cara ini juga bisa berisiko karena bakteri baik juga akan hilang.

Keberadaan bakteri di kulit juga menjadi bagian dari kesehatan mikrobioma kulit manusia secara umum. Sehingga, sebaiknya kamu memilih cara mengatasi sumber bau tak sedap dengan menerapkan perawatan di area ketiak secara rutin setiap harinya, contohnya dengan rutin menggunakan deodoran.

Selain itu, bau badan tak sedap akibat bakteri juga dapat dicegah dengan menjaga kesehatan tubuh setiap hari, yakni mandi dua atau tiga kali sehari, mengonsumsi makanan sehat, serta memakai parfum saat bepergian. Jadi kunci dari mencegah bau badan adalah dengan rajin merawat tubuh. 

What's On Fimela
Loading