Sukses

Fashion

Antisipasi Persaingan, Tri Handoko Kolaborasi dengan Celebrity Stylist Ternama

Jakarta Austere, Tri Handoko, Bazaar Fashion Festival 2014

Industri kreatif meningkat pesan beberapa tahun terakhir. Termasuk fashion, yang menjadi salah satu elemennya. Industri fashion adalah salah satu yang perubahannya paling cepat. Semua desainer harus berpikir keras bagaimana menjadikan brand mereka bukan hanya unik, tapi juga unggul.

Fashion designer Tri Handoko baru saja menarik Ajeng Swastiari sebagai fashion director, dan juga nampaknya sebagai social media officer, untuk fashion brand yang ia miliki. Semua diawali dari keinginan Tri Handoko untuk membawa namesake brand ini lebih mampu mengikuti perubahan. Dan penunjukkan Ajeng, yang juga stylist beberapa selebriti papan atas (seperti Titi Dj, Agnes Monica, dan Rossa), juga berdasarkan insting Tri sendiri.

“Ini sebenarnya yang juga harus dilakukan semua desainer senior. Bukan hanya saya. Membuka pikiran, hati untuk hal-hal baru supaya nggak stop di situ-situ saja. Ajeng masih muda, sangat kreatif dan mengikuti perkembangan di media sosial. Secara ide, selera, dan gaya dia cocok dengan konsep Tri Handoko,” papar Tri yang mengaku baru berkenalan dengan Ajeng di Jakarta Fashion Week 2015 November lalu.

Tri Handoko and his celebrity muses

Tri menjelaskan bahwa Ajeng akan ikut berkontribusi dalam fase rancang. “Saya melihat dia punya insting yang bagus akan perubahan, dan jelas dia lebih tahu apa yang sekarang terjadi di dunia luar. Dia anak muda yang mengamati trend,” lanjut Tri sambil menambahkan bahwa kerjasamanya dengan Ajeng sangat dimungkinkan oleh sebuah faktor yang sangat penting.

“Saya ingin bekerjasama dengan seseorang yang memahami, menyukai apa yang saya buat. I think that’s important,” lanjut Tri. Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Ajeng yang mengaku ia mengagumi karya-karya Tri Handoko selama ini.

“Posisiku lebih seperti ‘mata ketiga’, aku akan lebih menangkap esensi brand Tri Handoko, membantu menerjemahkannya menjadi ide-ide baru, langkah-langkah strategis. Kita sudah mulai berproduksi untuk Austere Man dan 3 by Tri Handoko. Saya bersyukur diberi kebebasan untuk memberi input apa saja. Dan sebagai main designer, mas Tri sangat open minded. Itu sangat membantu saya melakukan pekerjaan saya dalam tim Tri Handoko,” papar Ajeng yang kami hubungi secara terpisah.

Mengutip Tri Handoko di awal diskusi kami mengenai langkah kreatif ini, menutup diri dari perkembangan, selalu merasa paling tahu adalah karakteristik seniman. Termasuk pada fashion designer. Seringkali, keegoisan, merasa paling tahu justru membuat kita stuck. Di situ kreativitas nggak akan berkembang. Melihat karakteristik kerja kreatif Ajeng selama ini, dan kesuksesan Tri Handoko di musim lalu, nggak heran bila ekspektasi akan kolaborasi dan langkah kreatif ini menjadi cukup tinggi.

Ajeng Dewi Swastiari, celebrity stylist

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Provinsi di Indonesia yang Penduduknya Paling Bahagia dan Tidak Bahagia Tahun 2021
Artikel Selanjutnya
Jokowi Beri Beberapa Tanggapan Terkait Kasus COVID-19 Terkini di Indonesia