Sukses

Health

5 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan, Cocok untuk Relaksasi Tubuh

Sebagian besar orang Indonesia percaya bahwa mandi dua kali sehari sudah lebih dari cukup untuk membersihkan diri dan membunuh kuman-kuman yang menempel di tubuh. Dengan Indonesia beriklim tropis, banyak orang yang lebih menyukai mandi air dingin ketimbang air hangat. Wajar memang, karena tidak ada yang mengalahkan kesegaran air dingin yang membasahi ujung rambut hingga kaki.

Meskipun mandi air dingin sebagai kebiasaan utama, namun tidak ada salahnya bila sesekali mandi dengan air hangat, terlebih jika kamu memutuskan mandi di malam hari dan suhu udara cenderung dingin. 

Mandi menggunakan air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Suhu air hangat yang direkomendasikan antara 40-43 derajat celcius. Ada baiknya, kamu menggunakan waktu sebaik mungkin saat mandi air hangat. Jangan tergesa-gesa, melainkan bersantai saja untuk menikmati sensasinya.

Untuk itu, berikut Fimela.com akan mengulas 5 manfaat mandi air hangat untuk kesehatan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Memberikan Efek Relaksasi

Sebuah penelitian di Mayo Clinic menyebutkan bahwa air hangat dapat menyebabkan jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah ke permukaan tubuh sehingga panas dapat dikeluarkan. Hal ini menyebabkan pembuluh darah berdilatasi (ekspansi) sehingga menurunkan resistensi aliran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Aliran pembuluh darah ke otot juga dapat membantu relaksasi otot.

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Air hangat bisa memperbaiki masalah pada otot, nyeri sendi yang terkait masalah arthritis, cedera otot, maupun kelelahan pada otot. Air hangat akan melancarkan kerja pembuluh darah, sehingga dapat membuat sendi, tendon, jaringan dan otot lebih kendur. Meski tidak bisa menyembuhkan selamanya, berendam selama beberapa menit saja bisa mengurangi rasa nyeri.

Melepaskan Racun

Mandi air hangat bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang kemudian menyebabkan kamu berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuhmu.

Melembapkan Kulit

Mandi air hangat bisa membuka pori-pori dan membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Air hangat juga mampu melembapkan kulit, sehingga menciptakan kulit yang lembut dan lentur. Pilih sabun dan shampo yang sesuai jenis kulit untuk mendapatkan efek yang lebih baik.

Mengurangi Stres

Jangan terburu-buru saat mandi air hangat. Luangkan waktu sebentar dan rileks untuk melepas lelah. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh kamu. Memanjakan diri dalam ‘ritual’ ini, maka kamu bisa mengusir stres dan menghilangkan sejenak masalah-masalah yang mengganggu pikiran kamu.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
33 Kutipan The Chronicles of Narnia yang Inspiratif dalam Bahasa Inggris
Artikel Selanjutnya
4 Penyebab Rambut Lepek yang Perlu Diperhatikan Beserta Cara Mengatasinya