Sukses

Health

7 Penyebab Gigi Ngilu Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Jika kamu merasakan sakit gigi atau ngilu tiba-tiba hal ini dapat dikatakan bahwa kamu telah mengalami sensivitas yang lebih atau gigi kamu yang sedang terinfeksi. Meskipun hal ini membuat kamu tidak nyaman, terkadang hal ini mudah diobati.

Sakit gigi atau gigi ngilu tiba-tiba dapat ditandai dengan rasa sakit dan berdenyut yang memerlukan perawatan dokter. Biasanya setiap oranag merasakan rasa sakit ini, namun hal ini akan terjadi di kalangan remaja dan orang dewasa.

Beberapa orang yang mengalami sakit gigi biasanya akan mencari obat yang berada du apotek atau pergi ke dokter untuk mengetahui cara pengobatannya. Nah untuk itu kamu perlu mencari tahu apa saja penyebab gigi ngilu tiba-tiba yang sering kamu alami:

1. Gigi Sensitif

Sakit gigi yang tiba-tiba bisa disebabkan oleh paparan gigi terhadap makanan panas atau dingin. Sensivitas gigi akan berkembang ketika enamel gigi kamu aus, selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh udara dingin, cairan panas, atau makanan tertentu yang bertindak sebagai stimulus jika bersentuhan dengan gigi kamu, hal inilah yang dapat menyebabkan rasa sakit tiba-tiba.

2. Resesi Gusi

Selanjutnya gusi merupakan salah satu lapisan jaringan merah muda yang menutupi tulang dan akar gigi, serta melindungi ujung saraf. Seiring bertambahnya usia, jaringan gusi mungkin akan mulai aus dan mulai menyusut. Resensi akan membuat akan terbuka serta rentan terhadap infeksi.

3. Infeksi Gusi

Infeksi gusi biasanya dikenal sebagai penyakit periodontal, hal ini akan terjadi pada beberapa orang. Radang gusi biasanya akan menyebabkan pembengkakan serta kemerahan.

Jika hal ini tidak diobati secara langsung maka akan membuat infeksi dan tulang keropos serta kerusakan yang lebih lanjut. Hal ini biasanya akan membuat ruang bagi bakteri dan plak yang tumbuh.

4. Kerusakan Gigi atau Rongga Bakteri

Selanjutnya jika kamu memakan makanan manis maka akan membuat mereka menumpuk dan memecah mineral di enamel gigi kamu. Biasanya hal ini akan membuat gigi berlubah serta terdapat rongga di gigi. Tanpa perawatan yang tepat biasanya akan menghancurkan seluruh gigi dan berkembang menjadi infeksi.

 

5. Produk Pemutih Gigi

Banyak sekali produk pemutih gigi yang dijualkan dipasaran. Hal ini tentunya dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif atau jika tidak dilakukan dengan benar akan membuat kerusakan gigi.

Seperti strip pemutih, gel pemutih, dan lainnya. Meskipun begitu terkadang sakit gigi yang disebabkan oleh pemutih gigi seringkali akan bersifat sementara dan biasanya akan mereda jika kamu berhenti menggunakan produk pemutih.

6. Infeksi Sinus

Selanjutnya sinusitis merupakan istilah medis untuk peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil berisi udara di belakang tulang pipi dan dahi. Nyeri pada gigi dan rahang adalag salah satu gejala infeksi sinus. Ketika sinus kamu bengkak maka akan menekan dan memberi tekanan pada rahang dan gigi.

7. Gigi Retak

Gigi yang retak atau terkeluoas juga akan mengekspos ujung saraf, mengembangkan rongga yang dalam dan menyebabkan kehilangan gigi. Retak dalam gigi juga dapat disebabkan oleh sebagai berikut:

  • Integritas gigi yang melemah.
  • Mengunyah atau menggigut makanan keras.
  • Retakan dan kepingan bisa kecil sehingga tidak terlihat.
  • Sensivitas suhu.
  • Rasa sakit saat mengunyah atau menggigit.

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

  • Sikat Gigi Secara Rutin : Menyikat gigi 2 kali sehari dengan bulu sikat yang lembut serta pasta gigi yang mengandung fluoride merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kamu.
  • Menghindari Menggertakan Gigi : Kebiasaan menggertakan gigi dapat membuat gigi menjadi rapuh dan sensitif. Selain itu kamu dapat mencoba pelindung mulut, terutama saat tidur.
  • Memperhatikan Makanan dan Minuman : kamu juga perlu memperhatikan makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Seperti membatasi makanan dan minuman asam, bersoda, yogurt, tomat, jeruk, serta makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

Nah itulah beberapa penyebab gigi ngilu tiba-tiba yang sering kamu alami. Namun kamu juga perlu memperhatikan pola makan dan minum, selalu perhatikan apa yang kamu konsumsi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Arti Melihat Pemakaman yang Mencekam dan Bikin Merinding
Artikel Selanjutnya
5 Arti Mimpi Tenggelam di Laut yang Membawa Kabar Baik dan Buruk