Sukses

Health

5 Penyebab Gigi Goyang Pada Orang Dewasa Tanda Masalah Serius

Fimela.com, Jakarta Pada anak kecil, gigi susu yang kendor biasanya menandakan akan mengganti menjadi permanen. Hal ini juga membutuhkan waktu bagi anak-anak mengalami hal tersebut. Tapi jika terjadi pada orang dewasa dapat menjadi salah satu masalah yang salah.

Memiliki gigi yang goyang juga meruapakan masalah yang sangat umum terjadi pada anak-anak, hal ini justru menandakan ritus peralihan yang sehat. Namun, jika seorang anak sudah mencapai masa remaja maka gigi yang goyang tidak akan lagi terjadi, bahkan jika terjadi dapat menjadi masalah yang serius.

Tapi bagaimana jika hal ini terjadi pada orang dewasa? Tentu kamu akan takut jika hal ini menimbulkan gigi yang copot. Memiliki gigi yang sudah permanen dan goyang merupakan masalah umum yang dapat menyerang siapa saja dari segala usia. Tapi jika kamu mengalami gigi goyang ada baiknya untuk periksa ke dokter, berikut di bawah ini beberapa penyebab gigi goyang pada orang dewasa:

1. Trauma

Trauma gigi karena jatuh, cidera olahraga, maupun kecelakaan yang pernah kamu alami mungkin menjadi slaah satu penyebab paling umum dari gigi dewasa goyang atau longgar.

Beberapa cidera traumatis juga dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi penting bagi kamu untuk menemui dokter untuk memastikan akar gigi dan gusi tidak rusak.

2. Penyakit Gusi

Jika gigi kamu terlepas tanpa alasan yang jelas, maka ada kemungkinan besar disebabkan oleh periodontitis. Hal ini akan lebih umum dikenal sebagai penyakit gusi, periodontitis merupakan infeksi bakteri yang mengikis gusi, jaringan lunak, bahkan tulang di sekitar gigi kamu.

Selain itu hal ini juga akan mengembangkan penyakit, yang dapat menyebabkan gusi kamu copot dan gigi permanen menjadi longgar. Selain itu gejala ini juga akan mengalami bau mulut, gusi berdarah, dan gusi bengkak.

3. Stress

Apakah kamu sering mengatupkan atau menggemeretakkan gigi ketika mengalami Stress? Ada kondisi yang dikenal sebagai bruxism ternyata akan menyebabkan gigi goyang seiring berjalannya waktu. Selain itu ternyata banyak orang yang menggemeretakan gigi mereka di malam hari tanpa menyadarinya.

4. Kehamilan atau Menopause

Perubahan horon selama kamu hamil atau menopause juga akan mempengaruhi kesehatan gigi kamu, hal ini dikarenakan tingkat esterogen dan progesterone yang lebih tinggi selama masa kehamilan dan dapat menyebabkan ligament dan tulang di rahang akan mengendur.

Tetapi terkadang terdapat beberapa perubahan yang hanya menjadi sifat sementara. Selain itu ketika mengalami masa menopause, tubuh akan memulai memproduksi lebih sedikit esterogen dan dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang.

5. Obat dan Kondisi Lainnya

Kamu mungkin sering mendengar bahwa kalsium akan sangat bagus untuk membagun tulang yang kuat, tetapi ternyata kalisum juga memiliki peran yang sangat penting untuk membangun gigi yang kuat dan sehat.

Obat-obatan tertentu seperti obat anti kejang seperti fenitoin, ternyata dapat mempersulit tubuh untuk menyerap kalsium bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini juga akan menyebabkan gigi menjadi longgar serta goyang.

Untuk orang dewasa yang sedang megalami gigi goyang mungkin akan sangat mengkhawatirkan, terkadang hal ini juga akan menyebabkan gigi copot atau kerusakan gigi jika tidak ditangani sejak dini. Perawatan gigi goyang ternyata juga tergantung dari penyebabnya, seseorang mungkin harus memiliki metode kebersihan mulut yang efektif dan teratur.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Tepung Terigu, Bahan Dasar dan Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Aneka Jenis Tepung Terigu Serbaguna