Sukses

Health

5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan

Fimela.com, Jakarta Plak gigi merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering terjadi pada setiap orang. Namun, tidak banyak orang yang menyadari bahwa mereka sedang memelihara plak gigi yang menempel di mulutnya. Plak gigi memang terkadang tidak terasa sakit, sehingga penderitanya tidak merasa jika ada yang salah dengan kesehatan giginya.

Plak gigi sebenarnya adalah lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi. Mikroorganisme ini sendiri kebanyakan berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat makan.

Tanpa adanya pembersihan yang optimal, tumpukan tersebut lama kelamaan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi yang dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab karang gigi yang ada pada mulut. Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab karang gigi menumpuk dan sulit dibersihkan. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Seputar Karang Gigi

Penyebab karang gigi ini biasanya dapat disebabkan oleh plak gigi yang merupakan lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi.

Mikroorganisme ini sendiri kebanyakan berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat makan. Tanpa pembersihan yang optimal, tumpukan ini lama-lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Di dalam plak tersebut akan hidup mikroorganisme yang memproduksi asam, sehingga mampu merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak membuat gigi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan gigi dan tidak jarang memberikan dampak negatif pada kamu yang memiliki kerusakan gigi. Berikut beberapa penyebab karang gigi menjadi menumpuk dan sulit dihilangkan.

1. Mengonsumsi Makanan Manis secara Berlebihan

Penyebab karang gigi yang pertama adalah terlalu banyak konsumsi makanan manis. Makanan yang manis dan lengket akan sangat mudah sekali tertinggal di sela-sela gigi.

Hal ini mengakibatkan jenis makanan tersebut menjadi salah sumber makanan bagi bakteri perusak gigi. Bakteri tersebut akan menghasilkan zat asam perusak enamel gigi dan berkembang menjadi karang gigi.

2. Mengonsumsi Makanan Berkabohidrat Tinggi

Penyebab karang gigi menumpuk yang berikutnya adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi juga bisa mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi.

Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan zat yang sangat disukai oleh mikroorganisme di mulut. Sehingga pada sisa makanan yang mengandung karbohidrat tidak dibersihkan dengan baik, akan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

3. Jarang Mengonsumsi Buah dan Sayur

Penyebab karang gigi menumpuk dan menjadi sulit dihilangkan karena kebiasaan seseorang yang jarang mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buah mengandung mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh gigi. Tidak hanya itu, menggigit dan mengunyahnya secara teratur dapat membantu membersihkan gigi secara alami.

Jika kamu merupakan orang yang kurang makan sayur dan buah, maka karang gigi akan lebih mudah muncul. membantu membersihkan gigi secara alami. Akibatnya, jika kurang mengonsumsi sayur dan buah, maka karang gigi akan lebih mudah muncul.

4. Gemar Minum Soda

Penyebab karang gigi menumpuk yang berikutnya adalah kebiasaan seseorang yang gemar meminum minuman yang bersoda. Tidak hanya perlu memperhatikan jenis makanan saja untuk mengurangi risiko munculnya karang gigi.

Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami karang gigi. Hal ini dikarenakan sifat soda yang tajam dan kerap membahayakan enamel gigi.

5. Kebiasaan Merokok

Penyebab karang gigi menumpuk yang selanjutnya adalah kebiasaan seseorang yang merokok. Kebiasaan merokok juga merupakan salah satu penyebab karang gigi menjadi menumpuk. Hal ini dikarenakan rokok memiliki zat kimia berbahaya yang dapat membentuk plak gigi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Apa Penyebab BAB Berdarah Bikin Panik yang Perlu Kamu Waspadai? Cek Di Sini
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Naik Tangga yang Melambangkan Perubahan