KAPANLAGI NETWORK
MORE

Pertimbangkan Lagi Menu Buka Puasa, Bila Nyatanya Buat Kulit Tak Sehat

Jumat, 16 Juni 2017 11:00 Oleh: Monica Dian

Banyak yang belum tahu bahwa ada keterikatan antara kondisi kulit dengan perubahan pola makan. Itulah mengapa bulan puasa ini kita perlu menjaga jenis asupan demi kulit sehat bebas masalah.

Jika selama berpuasa kulit terasa kering, kusam, dan mudah berjerawat, maka sangatlah wajar. Pasalnya, kondisi kulit ikut berubah seiring dengan perubahan pola makan selama bulan puasa, yang meliputi jadwal makan dan jenis makanan. Mau tak mau tubuh harus menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Pada acara buka puasa bersama media beberapa hari lalu, Nuryahatini, Product Manager PT Natural Nutrindo (perusahaan distributor sejumlah brand kecantikan luar seperti Evian dan Corine de Farme) menjelaskan bahwa perubahan jadwal makan (yang berdampak pada jumlah air yang kita minum) membuat kulit lebih kering akibat dehidrasi. Sehingga sel kulit mati menumpuk, lalu kulit jadi kusam.

Apalagi selama puasa kita biasa dihadapkan dengan menu berbuka yang manis. Kolak, es buah, kue, dan makanan dengan kandungan gula berlebihan lainnya. Spontan jumlah asupan gula ke tubuh bertambah. Padahal gula inilah yang memicu munculnya jerawat dan tanda-tanda penuaan dini.

BACA JUGA: GULA, BAHAN MAKANAN YANG BISA MEMANCING JERAWAT

“Pergantian sel kulit yang tidak semestinya menyebabkan sel tertahan, menghalangi kelenjar minyak dan pori-pori, menjebak protein dan sebum di bawah lapisan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi sumber asupan bagi bakteri penyebab jerawat,” terang Nuryahatini.

Agar kulit tetap sehat ketika berpuasa, minum banyak air putih saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan. Mengurangi makanan dengan kandungan gula berlebih pun baiknya dilakukan. Intinya, jalani gaya hidup sehat. Lebih dari itu, bisa barengi dengan perawatan yang tepat. Seperti memilih pembersih wajah yang tak mengandung alkohol agar kulit tidak semakin kering. Cara membersihkan wajah pun perlu diperhatikan. Yang tak kalah penting, jangan lewati pemakaian moisturizer setiap hari.

Photo: Vogue Brazil

Komentar Anda
Keep going